Masjid Agung Medan Berkapasitas 7.000-an, Jamaah Shalat Idul Fitri Sampai ke Halaman Luar

Share:

 

Meski Masjid Agung Medan yang baru sudah berkapasitas 7.000-an jamaah, namun belum mampu menampung jamaah Shalat Idul Fitri 1445 H.ist


Medan | Garda.id

 Meski Masjid Agung Medan yang baru sudah berkapasitas 7.000-an jamaah, namun belum mampu menampung jamaah Shalat Idul Fitri 1445 H, Rabu (10/4) pagi.


      H Yuslin Siregar, Ketua Bidang Kemakmuran Badan Kenaziran Masjid (BKM) Agung Medan dan Sekretaris Eksekutif H Abdullah Matondang bersyukur atas ramainya umat Islam Shalat Ied di masjid megah berlantai 3 itu.


      Mereka mohon maaf atas masih adanya jamaah yang tidak kebagian tempat di dalam masjid hingga harus Shalat di lantai Ground (G), di depan lift dan di belakang eskalator. 


     Bahkan sejumlah jamaah lainnya luber sampai ke luar atau halaman luar Masjid. “Ini indikasi luar biasanya kecintaan umat terhadap Masjid. Kapasitas sebesar ini masih belum cukup untuk Shalat Ied tahun ini,” ujar Matondang.


       Shalat Idul Fitri 1445 H di Masjid Agung Medan yang baru diimami oleh Imam besar Masjid Agung Medan KH Irham Taufik SPdI MSi yang kesehariannya Pengasuh Mahad Tahfizhil Quran Daarut Taufiq Medan Sumatera Utara.


      Ini merupakan Shalat Idul Fitri perdana di Masjid Agung Medan yang baru dengan Khatib Prof Dr Muhammad Syahnan Nasution MA.


       Gema Takbir Allahu Akbar berkumandang sejak pagi dipandu tiga Muazzin Masjid Agung Medan secara bergantian yakni Ustadz Zulhendri Tampubolon SPdI, Ustadz Nasri Harahap SE dan Ustadz Muhammad Fadli SPdI


      Pengurus BKM Masjid Agung Medan H Yuslin Siregar, H Abdullah Matondang, H Sofyan Yahya, H Muazad M Zein dan lainnya ikut Shalat di tengah-tengah jemaah yang datang dari berbagai daerah tersebut.


       KH Irham Taufik SPdI MSi mengimami Shalat Idul Fitri setelah Al Fatihah pada Rakaat Pertama membacakan Surah Ar Rahman dan Rakaat Kedua Surah As Syamsi.


    Surah Ar Rahman secara ringkas isi dari penjabaran surat ini adalah menjelaskan segala nikmat Allah yang sangat banyak terhadap makhluknya. Sehingga mengingatkan kita untuk selalu memiliki sifat yang penuh kasih sayang pada Allah SWT dan makhluknya.


      Pada Surah Ar Rahman ada Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban Diulang 31 Kali dalam surah ini di Alquran memiliki arti “Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan”.


      Surah As Syamsi yang dibacakan Imam pada rakaat kedua tentang orang-otang beruntung adalah orang yang mensucikan jiwa dan celakalah orang-orang yang mengotori jiwanya.


       Khatib Prof Dr Muhammad Syahnan Nasution MA pada khutbahnya intinya mengajak umat untuk mempertahankan nilai takwa yang dilatih pada buan Ramadhan untuk diimplementasikan pasca Ramadhan


      Khatib juga mengingatkan untuk seling berbagi sesama dan tingkatkan amal shaleh serta memperbanyak nilai kebaikan , saling memaafkan dan mampu menahan emosi.


     Pada Shalat Idul Fitri 1445 H ini juga terhimpun Inkaf pada Tabung Masjid Agung Medan senilai Rp 34.044.000.rel

Share:
Komentar

Berita Terkini