Dukungan Mengalir dari Masyarakat Toba, Bacalon Bupati Toba Efendi Napitupulu Merasa Yakin Maju di Pilkada 2024

Share:

 

Ket Foto: Bacalon bupati Toba Efendi Napitupulu mendapatkan dukungan dari sanak keluarganya yang adalah keturunan Raja Sonak Malela dalam acara pemberangkatan dan doa pada hari ini, Rabu (1/5/2024).ist


BALIGE |  Garda.id


Sejumlah warga yang menamakan diri keturunan Raja Sonakmalela turut berkumpul dan mengadakan acara adat Batak Toba memberangkatkan Bacabup Efendi SP Napitupulu di Balige, Rabu (1/5/2024). 


Bersama penatua adat dari keturunan Raja Napitupulu Salimbabiat Sangkarnihuta, Efendi Napitupulu semakin yakin bertarung pada pilkada 2024 ini. Dua hari lalu, ia juga mendapat sambutan hangat keturunan Raja Bona Ni Onan Pardede melalui acara pemberangkatan dalam doa menuju pilkada 2024.


Hal unik dalam kegiatan itu, acara diinisiasi oleh kelompok marga. Tetua bersama handai taulan berkumpul dan saling bahu-membahu baik dalam pembiayaan acara dan penyusunan acara. Artinya, kerinduan mendalam dari keturunan Raja Sonak Malela yang mayoritas bermukim di Kota Balige ini dapat menjadi pemimpin di Toba sebagai bupati terucap dalam sambutan-sambutan.


"Kita sangat bangga dengan dukungan dari klan marga dan tentunya dukungan masyarakat Toba bagi saya. Ini adalah yang patut disyukuri dan dibanggakan," ujar Bacalon Bupati Toba Efendi Napitupulu, Rabu (1/5/2024).


Sebelumnya, ia telah mendaftarkan diri ke Partai Golkar Toba. Sebagai kader dan juga Ketua DPD Tingkat II Kabupaten Toba, ia berharap dukungan penuh dari partai. Selain itu, ia juga telah menjadi anggota dan Ketua DPRD Kabupaten Toba selama dua periode. 


Dalam penuturannya, ia sudah memetakan kebutuhan pembangunan masyarakat Toba. Sebagai bagian dari legislatif, ia juga kerap mendengar keluhan masyarakat di 16 kecamatan. Modal pengetahuan dan pengalaman selama ini meyakinkan dirinya maju sebagai bacalon bupati dalam kontestasi pilkada 2024.


Rencana pencalonannya di pilkada 2024 ini ternyata sudah bulat sejak tahun lalu. Dan rencana tersebut disambut baik keturunan Raja Sonak Malela. Inilah yang membuat dirinya fokus mempersiapkan diri pada pilkada yang akan digelar pada bulan November 2024 mendatang.


"Acara ini diinisiasi oleh Raja Napitupulu Salimbabiat. Sebelumya, tepatnya dua hari yang lalu, Raja Bona Ni Onan Pardede telah menyelenggarakan acara pemberangkatan dan berdoa bersama sebelum mengikuti kontestasi pilkada 2024 di Toba ini," terangnya.


Acara pemberangkatan melalui doa oleh keluarga khususnya marga-marga yang adalah keturunan Raja Sonak Malela. Soal pembiayaan acara ini, saya pun tak ada dilibatkan. Artinya, murni dukungan dari masyarakat sendiri," sambungnya.


Acara yang sama juga akan digelar esok hari, Kamis (2/5/2024) yang diinisiasi keturunan Raja Simangunsong dan Marpaung.


"Direncanakan esok hari, acara yang sama akan digelar juga oleh Raja Simangunsong dan Marpaung. Hari ini, acara pemberangkatan saya sebagai bacalon bupati diselenggarakan oleh Raja Napitupulu," sambungnya.


"Acara ini tentu bentuk dukungan nyata dan semangat bagi saya untuk melangkah di pilkada 2024 ini. Kekompakan yang ditunjukkan orang tua, sanak-saudara di empat marga Keturunan Sonak Malela; Simangunsong, Marpaung, Napitupulu dan Pardede. Yang pasti, saya terharu," sambungnya.


Ia bersyukur atas keterbukaan hati dan dukungan dari keturunan Raja Sonak Malela. Ia berharap, semangat yang sudah muncul saat ini jangan padam hingga kedepannya. (Des)



Share:
Komentar

Berita Terkini