Rindu Kota Medan, Mantan Direktur Direktur Tourism Malaysia Medan, Ajak Ngopi Hingga Gowes Bareng

Share:


Medan - GARDA.ID

Sebelum bertolak ke Jakarta guna menjalani agenda kerja pariwisata di Jakarta, mantan Direktur Tourism Malaysia Medan, Hihsmuddin Mustafa sengaja menyempatkan diri untuk mengundang beberapa teman dalam kegiatan temu kangen selama dua hari di Medan, Sabtu dan Minggu (11 – 12 Maret 2023).    


Hari pertama kedatangannya di Medan, Hishamuddin langsung lebih dahulu bertemu dengan bebeberapa koleganya. Setelah itu mengundang para rekan jurnalis dalam acara temu kangen ngupi bareng. Dan keesokan harinya dilanjutkan dengan gowes bareng dengan komunitas sepeda di Medan.


Hishamuddin mengatakan, di tengah kesibukan jadwalnya yang padat, dirinya sengaja menyempatkan diri untuk bersilaturahim dengan rekan rekan di Medan. Baik itu dari kalangan pejabat pemerintah, anggota dewan, pengusaha, rekan Jurnalis hingga warga Medan yang dianggap keluarga.      


“Alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk bertemu teman-teman yang saya anggap keluarga di Medan”, ucapnya. 


Ibarat Balik Kampung

Sementara itu, salah seorang rekan media, Bakti mengatakan, kedatangan ‘Abang Jago’ dari negeri seberang itu, diibaratkannya, bagaikan orang Malaysia sedang pulang kampung. 


Hal itu disampaikannya, di sela –sela acara ngupi bareng  perdana bersama para jurnalis  setelah delapan bulan lamanya Hishamuddin pindah tugas ke Malaysia pada Sabtu (11/03/2023). 


Pertemuan yang sempat diawali dengan saling  peluk antara seorang sahabat rasa keluarga yang sudah lama tak berjumpa tersebut, seolah mampu memecahkan kerinduan selama ini tertahan. Dan kemudian  larut dalam suasana keakraban penuh canda tawa. 


“Jadi, sampai kapanpun, pak Sham tak kan bisa melupakan kampung halamannya (Pulau Sumatera khususnya Kota Medan – red)”, tegas pria yang akrab disapa Beck’s sambil tertawa di sela sela acara ngopi bareng tersebut.   


Menurutnya, rasa cinta akan kota Medan telah bersemi di hati Hishamuddin. Sehingga sulit dilupakanya apalagi dipungkiri kalau kota multi etnis ini, telah memberikan sejuta kenangan manis sekaligus pengalaman paling pahit yang sangat berharga selama menjabat sebagai Direktur Tourism Malaysia di Medan.


Kisah keluwesan Hishamuddin beradaptasi kepada masyarakat Kota Medan, bukanlah kabar baru bagi para jurnalis. Semangat untuk membaur serta leluasa berekspresi selama menjalani tugas maupun bersosialisasi dengan masyarakat setempat, kerap mengundang rasa kagum bagi sebahagian orang yang tak merasakan kalau saudara serumpun ini bukanlah orang Malaysia melainkan warga Medan yang tengah asik beraktivitas layaknya di negera sendiri. 


Menurut Beck’s, perpaduan antara karakter Hishamuddin yang hyperaktif, mudah bergaul kepada siapa saja dengan kultur budaya serta keterbukaan masyarakat Indonesia terhadap orang asing, menjadi faktor utama penyebab Hishamuddin merasa cocok dan betah dengan Kota Medan. 


“Orang Medan dikenal keras tapi tetap santun untuk menghargai warga negara lain. Dan pak Sham mampu beradaptasi dengan baik. Bahkan, banyak rekan –rekan jurnalis merasakan beliau seorang pejabat pelancongan Malaysia yang terbaik yang pernah bertugas di Medan”, tutup Beck’s.   


Gowes

Dikesempatan lainnya, Hishamuddin juga mengajak komunitas Roadbike Independent Cycling Club (RBICC) dan beberapa wartawan, kegiatan gowes Minggu pagi. Dengan mengambil rute start jalan Diponegoro, Lapangan Merdeka, jalan Gatot Subroto, jalan DI Panjaitan dan diakhiri dengan sarapan serta ngopi bareng bersama di Cafe Rumah Pohon Jalan Sei Serayu.


Tampak menggunakan sepeda balap lengkap dengan jaket dan kaca mata ini, Hishamuddin yang kini sudah bertugas di Kementrian Pariwisata Malaysia mulai 1 Juli 2022, setelah tiga tahun mengemban tugas di Medan, memanfaatkan momen temu kangen ini bertemu dengan komunitas, yang seluruhnya masih berjiwa muda, meski usia mereka sudah di atas 50 tahun. Tampak diantara mereka Dr Sutarto MSi, anggota DPRD Sumut yang juga Sekretaris PDI-P Sumut, bersama beberapa wartawan. 


“Saya gembira berjumpa teman-teman komunitas di Medan. Selain kangen menyusuri jalanan Medan juga ingin mencoba rute baru bersepeda yang belum pernah saya lalui. Saya juga berharap silaraturahmi dan temu kangen ini akan terus berlanjut,” kata Hishamuddin disela-sela sarapan bersama.


Sementara itu, anggota DPRD Sumut sekaligus Sekjen PDI Perjuangan Sumut Dr Sutarto yang ikut berbaur menggowes bersama Hisamuddin, menyambut gembira kegiatan temu kangen yang disisi dengan aktivitas gowes berkeliling Kota Medan bersama komunitas Roadbike Independent Cycling Club (RBICC) .


"Hishamuddin itu orangnya humble, bersahaja dan kita tadi bertemu Hishamuddin hepi-hepi, ya silaturahmi dengan kawan-kawasan komunitas, guyub-guyub begitu. Beliau yang punya hobby sama bersepeda semakin mempererat tali persaudaraan antar dua negara yaitu Indonesia dan Malaysia” ujar Dr. Sutarto. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini